Jumat, 03 Maret 2017

cerita fabel : Kelinci dan Kura-Kura



Kelinci dan Kura-Kura
Suatu hari di sebuah hutan, kura-kura menantang kelinci yang sombong untuk bertanding adu cepat dalam perlombaan lari.
Kura-kura berani menantang kelinci karena dia sudah tidak tahan dihina lambat dan berat oleh kelinci setiap harinya.
Tanpa berpikir panjang kelinci menerima tantangan itu dengan penuh rasa percaya diri. Dalam hatinya ia berkata, “Bodoh sekali kura-kura ini menantangku berlari, bukankah sudah jelas siapa pemenangnya.” Dia pun meninggalkan kura-kura dengan penuh tawa kemenangan.
Esoknya hari besar ini tiba. Sebuah rute yang panjang di dalam hutan menjadi arena perlombaan bagi kelinci dan kura-kura. Hewan-hewan lain pun sudah mulai berdatangan untuk menyaksikan lomba lari ini.
Dukungan mereka berikan kepada kura-kura, karena memang hewan lain juga kesal dengan kesombongan kelinci yang keterlaluan.
Seekor kera yang bertugas sebagai wasit memberikan aba-aba tanda mulainya perlombaan. Dalam sekejap kelinci sudah jauh memimpin. Melihat kecepatan kelinci, si kura-kura tak menyerah, ia pun berlari secepat yang dia bisa.
Setelah beberapa saat berlari dengan kecepatan tinggi, si kelinci merasa cukup lelah. Dia pun duduk bersandar di pohon. Dia berkata, “Kura-kura masih jauh di belakangku, rasanya aku bisa istirahat sebentar untuk memulihkan tenaga.”
Entah sudah berapa waktu berlalu ketika kelinci merasa terkejut, dia menoleh ke arah belakang berharap kura-kura belum menyalipnya. Si kelinci menggurutu, “Aduh, aku ketiduran. Semoga kura-kura masih ada di belakangku.”
Dengan secepat mungkin kelinci berlari ke arah garis finish. Dia masih yakin akan menang. Sayang seribu sayang, ternyata kura-kura sudah sampai terlebih dahulu. Terlihat hewan-hewan lain bersorak sorai merayakan kemenangan kura-kura. Kelinci pun pergi dengan perasaan malu.

Pesan Moral Fabel Singkat Menarik, Kelinci dan Kura-Kura

Jangan pernah sombong dan meremehkan orang lain. Selalu berusaha sekuat tenaga sampai selesai, jangan sampai lengah.

1 komentar: